Tingkatkan Kualitas Pelayanan Publik, Pemkab Kukar Implementasikan Kepemimpinan Digital

Tingkatkan Kualitas Pelayanan Publik, Pemkab Kukar Implementasikan Kepemimpinan Digital
Suasana forum rakor. (Istimewa)

KUTAI KARTANEGARA – Plt Asisten Ekonomi dan Pembangunan Kutai Kartanegara (Kukar) Wiyono dan Kepala Bagian Pembangunan Etty Sumarni menghadiri rapat koordinasi (Rakor) Administrasi Pembangunan (Abang) Se-Kaltim 2024 di Grand Ballroom Hotel Kyriad Sadurengas Tanah Paser, Selasa (5/3/2024).

Pada Rakor yang mengangkat tema peran penting administrasi pembangunan dalam memperkuat sinergitas pembangunan daerah tersebut, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan reformasi birokrasi (PANRB), Abdullah Azwar Anas secara langsung memberikan arahan kepada jajaran pemerintah daerah di Kaltim. Untuk menerapkan digital leadership guna mendekatkan dan meningkatkan kualitas pelayanan publik.

Baca Juga  Antisipasi TKA Ilegal, Joni Sinatra Tegaskan Imigrasi Harus Selektif Mendata Pendatang

“Digital leadership harus segera diterapkan, transformasi digital meliputi aspek digital structure, digital competence, dan digital culture,” ungkapnya.

Kepemimpinan digital ini diharapkan mampu menyelesaikan berbagai masalah di Kaltim dalam menjangkau daerah yang secara geografis jauh dari pusat pemerintahan. Sehingga dengan digital warga yang jauh dari pusat aktivitas layanan publik dapat mengaksesnya dengan mudah.

Dalam kesempatan itu, Wiyono mengungkapkan hal-hal yang ditekankan Menteri PANRB telah diimplementasikan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kukar melalui program Digitalisasi Pelayanan Publik (Disapa) yang pada penilaian reformasi birokrasi tahun 2023 memperoleh Nilai Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) dan Reformasi Birokrasi (RB) dengan predikat B. Demikian pula dengan Indeks Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) Kabupaten Kutai Kartanegara meraih predikat terbaik III Nasional.

Baca Juga  Tekan Penyalahgunaan Narkoba, Badan Kesbangpol Kukar Uji Publik Raperda P4GN

“Implementasi reformasi birokrasi melalui digitalisasi pelayanan publik telah kita laksanakan melalui program disapa dan mendapat apresiasi dari pemerintah pusat,” tutupnya. (zu/advdiskominfokukar)