Tingkatkan Keterampilan WBP, Lapas Narkotika Samarinda Buka Pelatihan Barbershop 

LPK G'Lasusda kembangkan skill WBP di Barbershop Lapas Narkotika Samarinda. (Ist)

SAMARINDA – Bermodalkan pelatihan, LPK G’Lasusda serius mengembangkan skill warga binaan pemasyarakatan (WBP) Lapas Narkotika Samarinda di bidang barbershop. Sehingga WBP yang tengah menjalani masa pidana di Lapas Narkotika Samarinda memiliki bekal setelah bebas nanti.

Bertempat di Barbershop Lapas Narkotika Samarinda, Kasi Giatja Gunawan didampingi asubsi Bimbangan Kerja dan Pengolahan Hasil Kerja Rakhmat Hidayat, melakukan pemantauan pembinaan kemandirian berupa mencukur yang dilaksanakan langsung oleh WBP Lapas Narkotika Samarinda.

Baca Juga  Di Bawah Naungan Disdikbud Kukar, SKB Muara Jawa Lahirkan Wirausahawan Terampil

“Kegiatan ini merupakan pembinaan lanjutan secara mandiri yang sebelumnya menerima Program Pelatihan Kemandirian bersama Balai Pelatihan Vokasi dan Produktivitas (BPVP) Kota Samarinda,” ucap Gunawan, Rabu (16/10/2024).

Menurutnya, bekal ilmu barbershop yang telah diberikan harus terus dikembangkan. Sehingga nantinya memiliki ciri khas khusus dalam mengukur rambut para pelanggan nantinya.

Sementara itu Kepala Lapas Narkotika Samarinda Hidayat menuturkan bahwa WBP berhak mendapatkan pendidikan, pengajaran, dan kegiatan rekreasional. Serta kesempatan mengembangkan potensi, dalam hal ini pelatihan kemandirian.

Baca Juga  Tingkatkan Kesadaran Masyarakat, Kelurahan Baru Fasilitasi Pembekalan Ilmu Pemadam Kebakaran

“Pembinaan kemandirian yang kami lakukan ini tidak lain agar ketika WBP bebas, mereka memiliki kemampuan yang berguna bagi masa depan mereka,” kata Hidayat.

Diharapkan adanya kegiatan pembinaan kemandirian yang dilakukan secara terus menerus ini dapat membantu warga binaan  agar mendapatkan skill sehingga setelah menjalankan masa pidananya dapat langsung bekerja bahkan membuka lapangan pekerjaan. (nta)